Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan penggunaan energi terbarukan di kabupaten itu, saat ini baru sekitar 15 persen.

"Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki berbagai sumber daya terbarukan," kata Nelson yang berada di Bonn, Jerman saat dihubungi via telepon genggam, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa energi alternatif yang dapat dikembangkan di wilayah Gorontalo yaitu energi, karena adanya laut, sungai dan danau.

"Saat ini kami sementara mendorong penggunaan energi matahari dan energi angin serta terus mendorong pemanfaatan pohon dan tumbuhan " jelas Nelson.

Namun untuk sekarang ini menurut Bupati, energi di Provinsi Gorontalo masih terbatas dan masih menggandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan diesel.

"Oleh karena itu kami ingin menuju ke arah energi terbarukan, saat ini sudah 15 persen. Banyak investor yang ingin membantu," ujarnya.

Untuk permulaan, Nelson mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan uji coba di rumah-rumah dan juga kantor pemerintah untuk energi terbarukan.

"Kita berharap dalam empat tahun kedepan, penggunaan energi terbarukan bisa mencapai 40 persen," pungkas Nelson.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017