Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Gorontalo bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membahas penyaluran kredit perbankan untuk mendorong sektor pariwisata di kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo, Sabtu.

Kepala kantor perwakilan BI Gorontalo Suryono mengatakan pada kegiatan tersebut, pihaknya berdiskusi dengan pihak Kemenpar terkait terobosan-terobosan dalam bidang pariwisata yang dapat dilakukan dengan melibatkan perbankan.

"Saat ini ekonomi Gorontalo masih didominasi oleh sektor pertanian sekitar 35 persen dan memiliki resiko yang tinggi, misalnya musim, banjir ataupun gagal panen," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa Dewan Gubernur BI memberikan arahan kepada seluruh Kepala Perwakilan BI untuk mencari solusi kira-kira sektor apa yang bisa dijadikan sektor pertumbuhan ekonomi yang baru.

"Pariwisata pun sudah dibahas di level pusat dan dirasa penting karena di kawasan timur Indonesia memiliki potensi pariwisata namun belum digarap dengan baik dan belum dikelola secara modern," pungkasnya.

Menurut Suryono, jika potensi wisata Gorontalo dikelola secara baik dan modern maka daerah tidak akan terlalu tergantung pada sektor primer.

"Kami siap mendukung sektor pariwisata, dan ini adalah upaya dari BI untuk memberikan saran dan masukan supaya pertumbuhan ekonomi lebih baik dan berkualitas dan dapat dinikmati oleh banyak kalangan," jelasnya, lagi.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dari Kementerian Pariwisata Dadang Rizmi Ratman mengatakan usaha pariwisata ada 13 bidang usaha dan yang banyak kontribusi kepada perekonomian yaitu biro perjalanan, akomodasi dan rumah makan atau restoran.

"Kontribusi perbankan di Gorontalo ini mudah-mudahan dapat mendukung berkembangnya para pelaku usaha pariwisata," harapnya.

Ia mengungkapkan bahwa jika pariwisata tidak didukung oleh pelaku wisata, maka tidak akan berkembang. Oleh karena itu pihaknya mendukung para pelaku wisata di Gorontalo untuk mengembangkan usahanya sesuai dengan kebutuhan para wisatawan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017