Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengintensifkan pendidikan untuk pemilih pemula di daerah itu.

"Pemilih pemula harus menjadi pioner Pemilu, baik Pilkada 2018, Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden 2019, sebab perannya sangat strategis dalam mendukung peningkatan partisipasi pemilih di daerah ini," ujar Komisioner KPU Gorontalo Utara Gandhi Akase Tapu di Gorontalo, Senin.

Pekan ini, pendidikan pemilih pemula digelar di Kecamatan Kwandang, menghadirkan para komisioner KPU Kabupaten Gorontalo Utara dan KPU Provinsi Gorontalo sebagai pemateri.

Gandhi mengatakan para pelajar yang telah menjadi wajib pilih, diharapkan ikut menciptakan Pemilu khususnya Pilkada 2018 yang sukses, aman dan cerdas.

Pendidikan bagi pemilih pemula dalam bentuk sosialisasi tersebut, juga bertujuan memberikan pendidikan bagi pelajar agar menjadi pemilih cerdas sebab pemahaman tentang Pemilu sangat penting, agar setiap pemilih di daerah itu, tidak sekedar menjadi pemilih cerdas namun mampu memberikan dampak positif pada lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, Komisoner KPU Gorontalo Utara lainnya, Sophian Rahmola mengatakan para pemilih pemula akan menentukan demokrasi di masa mendatang.

"Minimal para siswa akan berbagi apa yang telah diperoleh dari sosialisasi ini kepada orang-orang di sekitarnya, baik orang tua sendiri maupun masyarakat," ujar Sophian.

Menjelang Pilkada 2018 hingga Pileg dan Pilpres 2019, kegiatan sosialisasi kepada pemilih pemula akan digelar intensif setiap bulan di setiap kecamatan.

Mereka diberi pembekalan tentang pelaksanaan Pemilu, sejarah dan perkembangannya serta upaya peningkatan partisipasi pemilih di daerah itu.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017