Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim mengatakan untuk mewujudkan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi (PT) dan swasta.

Pemerintah dengan kebijakan dan programnya akan terlaksana dengan baik jika ditunjang oleh perguruan tinggi melalui riset dan penelitiannya, sementara swasta selaku pemilik modal yang nanti akan mengimplementasikan melalui investasi di berbagai sektor pembangunan.

"Inilah yang disebut `Triple Helix`, yaitu kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan swasta, dalam memajukan dan mendorong pembangunan daerah," kata Idris pada rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda program sarjana Strata Satu (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) dan Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) Bina Taruna Gorontalo, Rabu.

Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam mensukseskan pembangunan daerah melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Suatu daerah akan berkembang jika perguruan tingginya maju dan berkualitas, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas," jelasnya.

Pada kesempatan itu wagub mengingatkan kepada para wisudawan untuk terus belajar mengasah kemampuan dan meningkatkan potensi diri, mengingat di era globalisasi saat ini, kompetisi semakin terbuka dan hanya orang yang memiliki keahlian dan profesional dibidangnya yang mampu menjadi pemenang dalam persaingan itu.

"Jika adik-adik tidak memiliki keahlian, keterampilan, dan tidak profesional, pasti akan kalah bersaing, dan jangan berpuas diri dengan hasil yang dicapai hari ini, teruslah belajar untuk mengembangkan potensi diri," pesan wagub kepada 166 wisudawan Bina Taruna Gorontalo.

Wagub juga berharap agar para wisudawan harus mampu menjadi motor penggerak pembangunan di tengah kehidupan bermasyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama masa pendidikan di perguruan tinggi.

"10-20 tahun ke depan kalian nantinya yang akan meneruskan pembangunan daerah dan bangsa, jadilah generasi yang handal dan profesional untuk mewujudkan Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera," tutup wagub.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017