Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan Program Keluarga Berencana (KB) merupakan program penting dan strategis dalam rangka pengembangan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

"Program ini sudah lama, dan melalui program KB kita menjadi negara yang mampu menekan angka pertumbuhan penduduk pada tahun 1985," ujarnya, Sabtu.

Ia mengungkapkan bahwa KB adalah salah satu program yang mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara Indonesia.

"Sebab jika kita tidak melakukan upaya yang strategis dan sistematis dalam menekan angka pertembuhan penduduk, maka kita akan kesulitan dalam hal pembangunan," ucap Marten.

Angka pertumbuhan penduduk jika tidak dikendalikan menurut Wali Kota maka akan menyebabkan "meledaknya` jumlah penduduk yang dapat mengakibatkan kesulitan pangan, energi dan kebutuhan dasar lainnya.

"Program KB sangat penting sehingga pemerintah daerah dan masyarakat wajib menjalankan program dan kebijakan KB dalam rangka pengendalian penduduk," kata Marten, lagi.

Untuk Kota Gorontalo kata Marten, melalui Dinas Pengendalian Penduduk KB, Perlindungan Perempuan dan Anak, program itu telah dijalankan bekerjasama dengan BKKBN.

"Alhamdulillah tingkat keberhasilan di tingkat kota telah menunjukan perkembangan yang luar biasa dalam bidang keluarga berencana dan pengendalian penduduk," ucap dia.

Bahkan pada tahun 2016 lalu kata Marten, ia dianugerahi Satya Lencana Manggala dari BKKBN.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017