Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 10 mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan IAIN Sultan Amai Gorontalo mewakili Provinsi Gorontalo pada "Leadership Camp Generasi Baru Indonesia" (GenBI) 2017 di Bogor, Jawa Barat.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo, Akhmad Kosasih, Senin, mengatakan, para peserta yang mewakili Gorontalo adalah penerima beasiswa BI Gorontalo.

"Ini adalah program BI yang mengikutsertakan teman-teman GenBI yang digelar pada tanggal 7 hingga 11 Desember 2017 lalu," ujarnya saat menerima kembali kedatangan para mahasiswa di kantor BI Gorontalo.

Pada kegiatan itu, Kosasih mengungkapkan bahwa para peserta yang berasal dari seluruh Indonesia mendapatkan pengetahuan dari orang-orang ternama seperti Gubernur BI Agus Martowardoyo, pengusaha Erick Tohir, Wali Kota Makasar Dani Pomanto dan lainnya.

"Banyak inspirasi yang mereka dapatkan, seperti bagaimana menjadi pemimpin dimasa depan dan berkesempatan untuk berinteraksi dengan GenBI dari perguruan tinggi lain se Indonesia," katanya.

Tentunya hal itu, menurut Kosasih, akan menjadi motivasi bagi GenBI di Gorontalo untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

"Perwakilan GenBI Gorontalo juga menampilkan kebudayaan Gorontalo di kegiatan itu setelah diberikan pembekalan oleh BI Gorontalo dengan berbagai dukungan untuk menujukan bahwa Gorontalo hebat," ujar dia,lagi.

Selain itu perwakilan GenBI Gorontalo memperoleh penghargaan atau hasil yang gemilang.

Sementara itu salah seorang peserta GenBI Fara Fadillah Hioda mengungkapkan bahwa kegiatan itu dilaksanakan oleh Departemen Komunikasi BI.

"Kami sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan yang tersebut dan berada diantara seluruh mahasiswa terbaik yang ada di Indonesia dan itu tidak mungkin dapat dialami oleh semua mahasiswa di Gorontalo," katanya.

Ia mengungkapkan di kegiatan itu mereka mendapatkan berbagai motivasi bagaimana jatuh bangunnya para pemimpin yang ada saat ini, kegiatan "outbond" serta menjadi salah satu dari enam provinsi yang menampilkan budaya.

"Kemudian kita mendapatkan motivasi dari Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman yang mengajarkan kepada kita akan arti kepemimpinan dan juga mendapatkan motivasi dari Wali Kota Makasar Dani Pomanto," ujarnya.

Salah satu hal yang diingat olehnya yang disampaikan oleh Dani Pomanto yaitu pemimpin adalah orang yang memberikan aksi.

"Dan satu kesimpulan yang saya ambil dari berbagai motivasi yang diberikan adalah seorang pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya. Saya sangat berterima kasih kepada BI Gorontalo yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini," katanya.

Ia berharap peserta GenBI tidak hanya menjadi generasi baru yang sekadar kata-kata, tetapi menjadi calon pemimpin masa depan yang bisa mengharumkan nama dan bangsa negara khususnya Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017