Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Gorontalo mengingatkan pentingnya sanitasi dalam keluarga kepada masyarakat Desa Tihu, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango.

Fara Fadillah Hioda, salah seorang anggota GenBI Gorontalo, Minggu, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan GenBI nasional dengan tema "Bersih Indonesia".

"Kami dari GenBI Gorontalo ikut berpartisipasi dalam Bersih Indonesia dengan membuat kegoatan "Sanitasi Untuk Negeriku"," ujar ida.

Ia menjelaskan bentuk kegiatan Sanitasi Untuk Negeriku tersebut berupa sosialisasi tentang pentingnya sanitasi dalam keluarga serta pembangunan jamban pribadi.

"Kami mengajak masyarakat untuk lebih menggunakan jamban pribadi dibandingkan buang air besar di sembarangan tempat," ujar Fara.

Untuk pembangunan jamban pribadi atau jamban MUHAT (murah dan sehat), GenBi Gorontalo membangunnya sebanyak 13 unit di desa tersebut.

"Untuk waktu pelaksanaannya juga dimulai dari bulan Desember 2017 ini hingga bulan Januari 2018 nanti, berupa pembangunan septictank dan juga dudukan kloset," jelasnya.

Komunitas GenBI Gorontalo sendiri adalah mahasiswa penerima beasiswa dari Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo. Komunitas GenBI dibentuk sebagai sarana pengembangan kepemimpinan dan diharapkan dapat menjadi pemimpin dimasa depan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017