Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menganggarkan Rp14 miliar melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk pengembangan kawasan Telaga Puncak sebagai kecamatan baru.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Senin, mengatakan pihaknya terus mendorong percepatan pembentukan Kecamatan Telaga Puncak yang terdapat di Dulamayo tersebut.

"Daerah Dulamayo dan sekitarnya adalah daerah yang penuh dengan potensi, daerah ini berada di ketinggian, berhawa dingin dan memiliki agro wisata yang bagus," ujar Nelson.

Daerah itu juga memiliki hutan pinus dan berada di puncak daerah Gorontalo sehingga memiliki pemandangan yang indah dan telah dijadikan sebagai salah satu daya tarik lokasi wisata.

"Dulamayo dan sekitarnya ini menjadi Kecamatan Telaga Puncak dan kecamatan yang spesifik kita kembangkan menjadi kecamatan konservasi dan agro wisata sehingga daerah ini akan bangkit dan berkembang," jelas dia.

Bupati mengungkapkan bahwa pihaknya akan membangun sarana dan prasarana berupa jalan sebagai impian masyarakat agar akses transportasi lebih baik.

"Pada tahun 2017 lalu, kita telah mulai mengembangkan agro wisata di Dulamayo dengan melakukan penanaman bibit buah apel sebanyak 2.000 pohon," ucapnya.

Nelson juga ingin menjadikan daerah itu menjadi hutan pendidikan, dimana akan dibangun tempat belajar bekerja sama dengan Universitas Gorontalo (UG).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018