Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, siap meningkatkan pelayanan kepada pelanggan pada tahun 2018.

Direktur PDAM Kabupaten Gorontalo, Raden Sahi, Selasa, mengatakan bahwa berbagai program akan dijalankan pada tahun ini dalam memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) pada tahun ini pihaknya akan melakukan penyesuaian tarif, penambahan sambungan air hibah sebanyak 2.700 dan sambungan reguler 800," jelasnya.

PDAM juga akan menurunkan angka air yang tidak memiliki rekening, pergantian meteran air yang tidak jalan, memasukkan pendapatan industri, dan perbaikan pelayanan di wilayah Kecamatan Tilango.

Selain itu pihak PDAM juga akan melakukan penyesuaian tarif air untuk enam Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), pencatatan meter Pamsimas oleh PDAM, pebaikan pola pembacaan meteran bekerjasama dengan konsultan.

Melakukan pengalihan klasifikasi pelanggan, melakukan kerja sama dengan pengembang perumahan serta meningkatkan produksi air di seluruh Instalasi Pengolahan Air Bersih.

"RKAP disusun sebagai acuan atau pedoman kerja yang harus diikiuti oleh menajemen untuk mencapai tujuan. RKAP dituangkan dalam bentuk proyeksi laba rugi, proyeksi investasi, proyeksi arus kas dan proyeksi neraca," jelas Raden.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menegaskan bahwa apa yang menjadi target harus diwujudkan dan terkait Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam perusahaan harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

"Demikian pula proyeksi kebutuhan sebanding dengan proyeksi jumlah penduduk, di samping itu seluruh karyawan harus tahu target-target perusahaan, menguasai data, menguasai tugas pokok dan fungsi berdasarkan standar operasional," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018