Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, secara resmi meluncurkan aplikasi Gemilang "PAKDOK", yang merupakan program digital pelayanan kesehatan.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo pada peluncuran Gemilang PAKDOK, Senin, mengatakan dua bulan sebelumnya aplikasi tersebut sudah diujicobakan dan hasilnya sangat baik.

"Program ini untuk pertama kali di Indonesia untuk aplikasi pelayanan kesehatan digital yang diintegrasikan dengan layanan kesehatan lain dalam bentuk rujukan kepada klinik pratama, rumah sakit dan laboratorium," jelasnya.

Menurut Nelson, inovasi tersebut sangat membanggakan karena tidak sembarang dibuat dan menggunakan teknologi informasi serta dapat digunakan oleh banyak orang.

"Inilah perubahan yang harus kita lakukan dan ikuti. Hari ini dunia berada didalam `genggaman` kita, orang yang tidak mau berubah akan ketinggalan. Karena namanya pelayanan, masyarakat ingin cepat dan mudah," ujarnya.

Bupati yakin aplikasi layanan tersebut dapat sukses karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia dan butuh kecepatan dalam pelayanan.

"Dengan adanya dua rumah sakit dan 20 Puskesmas di Kabupaten Gorontalo, kami menyadari belum semua warga dapat kita layani dengan jumlah penduduk mencapai 409.000 jiwa dan luas wilayah yang besar," kata Nelson, lagi.

Dengan adanya pelayanan virtual PAKDOK, pihaknya dapat memberikan pelayanan lebih bagi masyarakat. Layanan data medis elektronik tersebut adalah fitur data medis pasien dalam bentuk digital yang dikumpulkan, dilengkapi dan dikelola oleh pasien dan dokter.

Sementara itu Presiden Direkur PT PAKDOK, AR Katili mengatakan pada program itu terdapat tenaga medis dan non medis lokal Gorontalo.

"Ada 12 dokter dan 10 orang non medis yang merupakan anak muda generasi penerus, dan saya sebagai orang tua bangga dan mereka inilah yang bergerak selama uji coba dilakukan," kata dia.

Ia mengungkapkan bahwa dari 1.200 aplikasi yang diberikan kepada warga, hasilnya mencapai 50 persen lebih yang menggunakan aplikasi PAKDOK dan merupakan respon yang baik.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018