Gorontalo, (Antaranews) - Warga di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), khususnya di Kecamatan Suwawa, memberi apresiasi program gerakan Tiga Bulan Bebas Sampah (TBBS), demi menjaga kelestarian lingkungan.

"Kami mendukung penuh program ini, karena ini memberikan manfaat besar bagi kemajuan pembangunan lingkungan di wilayah Suwawa," kata Rahmat, belum lama ini.

Apalagi ibukota Kabupaten tersebut telah mempelopori hingga mendapatkan penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup tahun lalu.

Sebelumnya, Camat Suwawa, Achril Y. Babyonggo telah mencanangkan gerakan TBBS program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI dan program forum Kabupaten/Kecamatan Sehat (KKS) Bone Bolango (Bonebol) bebas sampah plastik di Kecamatan Suwawa belum lama ini.

Pencanangan TBBS di Kecamatan Suwawa ini, ditandai dengan gerakan satu PAK (1 Pekan, 1 Aparat, dan 1 Kantong) yang melibatkan seluruh aparat desa, kecamatan dan instansi terkait di wilayah Kecamatan Suwawa, di halaman Puskesmas Suwawa.

Melalui gerakan satu PAK tersebut, pada pelaksanaan apel awal pekan di lingkungan pemerintah Kecamatan Suwawa, diwajibkan kepada setiap aparat membawa minimal 1 kantong sampah plastik dan disumbangkan kepada Bank Sampah pada setiap desa pelaksana apel.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018