Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera merealisasikan keuangan dan pekerjaan fisik di instansi masing- masing.

Terutama, kata dia, bagi OPD yang menjalankan program unggulan daerah seperti Dinas PU-PR, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan dan Perikanan.

"Di dinas-dinas tersebut anggarannya memang cukup besar, karena dampaknya langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Delapan Program unggulan yang saya canangkan semuanya ada di dinas unggulan. Jadi saya khawatir justru dinas-dinas ini yang akan mengalami keterlambatan," ujarnya di Gorontalo, Senin.

Gubernur juga menyoroti tentang pentingnya melakukan pekerjaan fisik dan keuangan yang taat administrasi.

Meski setiap OPD dituntut untuk mengejar realisasi fisik dan keuangan, namun ia meminta tidak mengabaikan masalah administrasi yang bisa berdampak hukum.

"Saya harap semua sesuai aturan. Masing-masing OPD turun lapangan untuk menyiapkan segala sesuatunya. Jangan sampai terjadi seperti tahun-tahun lalu proyek sudah dilelang, pemenangnya sudah ada, tapi tidak siap di lapangan," tambahnya

Berdasarkan laporan dari Pembangunan dan Pengendalian Ekonomi (P2E), memasuki pertengahan triwulan pertama realisasi fisik OPD sudah mencapai angka 2,13 persen. Sementara untuk realisasi keuangan mencapai 0,94 persen.

Ada delapan OPD yang belum menyelesaikan target atas bawah realisasi fisik dan keuangan yakni Dikbupora, PU-PR, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Arsip dan Perupustakaan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Biro Hukum dan Biro Pemerintahan.

OPD tersebut diharapkan segera bekerja sebelum batas triwulan pertama akhir Maret mendatang.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018