Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Senin mengatakan, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, masih membutuhkan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Akan tetapi penerimaan PNS merupakan kewenangan Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Pemerintah Daerah, ujarnya pada kegiatan Diklat Prajabatan Golongan II dan III di Kecamatan Telaga Biru.

Nelson menjelaskan bahwa hampir setiap bulan ada 30 PNS yang pensiun, sedangkan selama dua tahun Ia menjabat baru 70-an penerimaan PNS yang menandakan lebih banyak PNS yang berkurang.

"Untuk itu kita melakukan optimalisasi sumber daya manusia (SDM) dengan baik dan mendayagunakan tenaga kontrak dengan meningkatkan kompetensinya melalui kerja sama yang dapat dibangun dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo," ucapnya.

Saat ini menurut bupati, jumlah tenaga kerja kontrak sudah hampir sama banyaknya dengan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, Kepala BKD Diklat Sofyan Ibrahim menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan itu adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik.

Peserta Diklat Prajabatan CPNS Golongan II dan III Formasi Tenaga Dokter,Bidan dan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 80 orang.

Tenaga Pengajar dari Widyaiswara pada Badan Dilkat Provinsi Gorontalo yang terakreditas dan Pejabat Struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018