Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo akan mengevaluasi 1.345 penerima bantuan barang dan fasilitas pendukung usaha mikro kecil yang tersebar di 19 kecamatan.

Evaluasi dilakukan menyusul informasi bahwa banyak bantuan yang diberikan Pemkab Gorontalo sejak tahun 2015 hingga 2017 mencapai Rp6 miliar tidak terpakai secara maksimal.

"Jika tidak dilakukan evaluasi bagi penerima bantuan, maka dana bantuan yang terus berjalan menjadi tidak ada hasilnya," kata Bupati Gorontalo, Nelson pomalingo di Gorontalo, Rabu.

Dikatakan, tahun ini dipastikan menjadi tahun evaluasi terkait semua bantuan -bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat, baik dalam bentuk peningkatan usaha maupun sektor pertanian.

Evaluasi tersebut sangat penting dilakukan agar tidak ada bantuan yang tak termanfaatkan. Selain untuk melihat sejauh mana dampak bantuan terhadap kesejahteraan

masyarakat, evaluasi juga dilakukan untuk melihat perekmbangan usaha ditingkat bawah.

"Setelah itu kita akan melakukan intervensi lagi, terutama kepada usaha yang sedang berjalan, kalau memang usaha tersebut tidak jalan sama sekali maka bantuan akan dialihkan dan kita berikan ke masyarakat lainnya," lanjutnya.

Namun menurut Nelson, jika usaha yang telah diberikan bantuan berkembang dan menjanjikan, maka pihaknya akan menambahkan lagi modalnya.

Dari ribuan usaha yang berkembang di daerah ini, banyak program yang bisa diadopsi dan ditularkan ke daerah lainnya, katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018