Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Pertanian Gorontalo akan menggandeng seluruh kader-kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari tingkat provinsi hingga ke kecamatan dan desa untuk menyebar 150.000 bibit cabe rawit.

"Kami pilih cabe rawit karena ini komoditanya mudah ditanam dan menjadi kebutuhan harian rumah tangga," kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah di Gorontalo, Jumat.

Untuk mendukung program tersebut, Idah akan memanfaatkan lahan pekarangan percontohan yang dikelola oleh PKK di kecamatan dan desa.

Selain itu, ia mengajak agar ibu-ibu di Gorontalo untuk giat membudidayakan cabe di lahan pekarangan masing-masing.

"Orang Gorontalo punya kebiasan makan yang pedas-pedas. Di sisi lain, harga cabe di pasar sering fluktuatif. Kadang murah, kadang harganya melonjak tinggi. Makanya dengan program ini diharapkan setiap rumah tangga mampu memenuhi kebutuhan cabe dengan menanam sendiri," jelasnya di Gorontalo.

Sebagai salah satu komoditi utama di daerah, Idah menyebut jika cabe rawit cukup potensial untuk menambah perekonomian warga.

Produktivitas akan meningkat jika budidaya dan perawatannya dikelola dengan baik dan profesional.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario dan Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah menandatangani nota kesepahaman terkait penyebaran bibit cabe di Grand Palace Convention Center, Kamis (8/3).
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018