Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan pemerintah provinsi akan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang transportasi darat melalui pola pembibitan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Untuk lima tahun ke depan, Pemprov Gorontalo telah mengusulkan 40 orang peserta pola pembibitan STTD dengan rincian sebanyak 16 orang untuk kualifikasi DIV Transportasi Darat, 12 orang kualifikasi DIII Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta 12 orang kualifikasi D.II Pengujian Kendaraan Bermotor.

Idris mengemukakan, transportasi darat memegang peranan yang sangat penting bagi keberhasilan pembangunan daerah.

Pengaturan arus transportasi darat yang baik akan memperlancar arus barang dan jasa sehingga pertumbuhan ekonomi terjadi, inflasi dapat ditekan, dan tingkat kemiskinan dapat diturunkan.

Namun, lanjutnya, kualitas dan kuantitas SDM di bidang transportasi darat di daerah saat ini masih sangat terbatas sehingga ketersediaan SDM transportasi menjadi satu keharusan.

Wagub sendiri memperoleh kepercayaan dari Kementerian Perhubungan RI dengan ditunjuk untuk memberikan sambutan mewakili pemerintah daerah se Indonesia pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan STTD di The Westin Resort Nusa Dua Bali, Selasa.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan rapat koordinasi pola pembibitan Sumber Daya Manusia (SDM) perhubungan darat dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Kemenhub, Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Deputi Informasi BKN, perwakilan Pemprov Bali dan Kepulauan Bangka Belitung, serta para bupati dan wali kota.

"Penandatanganan MoU merupakan bentuk sinergi antara pemerintah daerah dengan Kemenhub RI dalam menyiapkan SDM di bidang transportasi darat," imbuhnya.

Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo Jamal Nganro menambahkan, jumlah peserta yang diusulkan tersebut masih akan bertambah dengan kabupaten dan kota yang telah menandatangani MoU dengan STTD.

"40 orang itu baru dari Pemprov Gorontalo, belum termasuk usulan kabupaten dan kota. Untuk pembiayaannya ditanggung oleh masing-masing daerah," katanya.
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018