Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo mendorong pengembangan perkebunan kelapa, selain pencapaian swasembada pangan di daerah ini.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Rachmat Pomalingo, di Gorontalo, Rabu, mengatakan bahwa pengembangan perkebunan kelapa merupakan bagian utuh dari pertanian.

"Kelapa merupakan salah satu komoditas strategis karena mampu menjadi sumber pendapatan masyarakat. Kelapa adalah pohon sumber kehidupan yang manfaatnya begitu besar bagi kita," ujar Rachmat.

Terkait hal itu, menurut Rachmat, Pemkab Gorontalo terus berupaya mengembalikan kejayaan tanaman tahunan tersebut sesuai dengan harapan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Ia mengaku bahwa komitmen untuk mengembalikan kejayaan kelapa telah diseriusi sejak tahun kemarin, dengan Pemkab Gorontalo menggelontorkan dana Rp1 miliar untuk pengadaan benih kelapa.

"Saat ini benihnya sudah jadi bibit yang siap tanam, dan akan disalurkan ke dua tempat yakni Kecamatan Limboto dan Kecamatan Batudaa," kata dia lagi.

Dalam pendistribusian bibit kelapa itu, pihaknya menyediakan jenis kelapa dalam karena sudah teruji dan dibudidayakan secara turun temurun. Pihaknya juga mengembangkan jenis kelapa lain.

"Contohnya taman kelapa yang kami buat, kami menanam berbagai jenis atau varietas kelapa dan ini Insya Allah jadi ikon Kabupaten Gorontalo," katanya lagi.

Terkait pengolahan kelapa, Pemkab Gorontalo berencana menggandeng badan usaha milik desa (BUMdes) untuk memproduksi kopra putih.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018