Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (SKIPM) Provinsi Gorontalo melakukan penanaman bibit mangrove untuk kelestarian habitat ikan di obyek wisata Tracking Mangrove Desa Langge, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis.

Kepala SKIPM Provinsi Gorontalo, Hamzah, mengatakan kegiatan itu juga dilakukan dalam rangka Bulan Bakti Karantina Ikan dan Mutu.

"Mangrove ini kami tanam karena merupakan salah satu tempat berkembang biaknya organisme kecil seperti ikan, kepiting dan lainnya," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan penanaman 100 bibit bersama masyarakat, Kepolisian dan pemerintah setempat.

"Kami juga ingin mengedukasi masyarakat supaya bisa menjaga lingkungannya, temasuk ikan, kepiting yang hidup di hutan mangrove," ucap dia.

Menurut Hamzah, salah satu program Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu bagaimana keberlanjutan sumber daya perikanan dapat dijaga, sehingga media hidup ikan selalu terjaga.

"Ada 100 pohon yang kita tanam dan untuk tindak lanjutnya, kita menyerahkan kepada masyarakat namun akan terus kita pantau," kata dia, lagi.

Gorontalo Utara menjadi pilihan penanaman mangrove karena SKIPM menilai sangat cocok, dan tidak semua daerah bisa ditanami.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018