Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 354 warga belajar di Kabupaten Gorontalo, mengikuti Ujian Nasional (UN) melalui jalur paket C, Senin.

Kepala Sanggar Kelompok Belajar (SKB) Limboto, Romi Isa, mengatakan, mereka telah mengikuti kelas untuk program kesetaraan sehingga layak mengikuti UN serentak dengan seluruh sekolah formal tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Romi menjelaskan, khusus SKB Limboto terdapat 30 warga belajar yang mengikuti UN di pondok Pesantren Al-fallah, bersama kelompok belajar lainnya dari tujuh kecamatan.

Sedangkan untuk rayon lainnya, diselenggarakan di wilayah masing-masing untuk mempermudah jangkauan peserta sehingga bisa mengikuti ujian tepat waktu.

Empat titik pelaksanaan UN khusus paket C yaitu, SKB Tolangohula, Batudaa, pondok pesantren An-nur Batudaa Pantai dan Al-Fallah Limboto Barat.

"Jadwal pelaksanaannya tidak berbeda dengan SMA sederajat reguler, sehingga diharapkan seluruh warga belajar mampu menyesuaikan untuk mendapatkan nilai memuaskan," ujar Romi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Nasional setempat, Sumanti Maku mengatakan, jumlah peserta UN paket C sebanyak 354 orang, SMA 2.007 siswa, SMK 1.306, Madrasah Aliyah (MA) 482 dan SMA Luar Biasa, 10 siswa.

Sumanti mengaku optimis pelaksanaan UN di daerah ini akan optimal hingga usai nanti, sehingga target capaian kelulusan bisa diperoleh sesuai harapan.

Untuk hari pertama pelaksanaan UN, pihaknya diakui Sumanti, belum menemukan kendala sehingga diharapkan maksimal hingga hari terakhir ujian. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014