Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkum) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melatih 150 wirausaha pemula dan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan produk BTN di De Auditorium, Kamis.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, pelatihan wirausaha pemula tersebut sangat penting. Apalagi saat ini semua sudah berbasis teknologi maupun internet.

"Karena jika ingin maju, maka seorang wirausaha harus paham, tahu dan bisa memanfaat teknologi maupun internet tersebut," ujar Hamim Pou.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 150 peserta wirausaha pemula itu, mendatangkan narasumber nasional yakni Anne Sri Arti dan narasumber marketing bisnis online Gorontalo Ainun Koemadji.

Hamim berharap para pengusaha-pengusaha Bone Bolango harus terus berubah, mengembangkan diri, memahami pasar dan meningkatkan kualitas produk serta menguasai teknologi.

"Jangan begitu-begitu saja, karena Rasulullah pun sudah mengatakan bahwa 90 persen rezeki itu dari berwirausaha, wiraniaga maupun berdagang," kata Hamim, lagi.

Ia mengungkapkan, kenapa pemerintah daerah melakukan pelatihan wirausaha pemula, karena selama ini masalah yang ada terkait dengan akses bank atau permodalan. Selain itu, terkait dengan mutu produk, dan juga jaringan.

Melalui pelatihan itu, para narasumber akan berbagi pengalaman kepada peserta bagaimana memasarkan produk, membangun jaringan, meningkatkan nilai tambah dari setiap produksi dan bagaimana membuat kemasan dari produk yang dimiliki.

"Ini harus kita cermati karena kegiatan ini sangat penting dalam kaitannya untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan kita semua," ujar Hamim, lagi.

Sementara itu, Kepala Disperindagkum Bone Bolango, Basir Noho menjelaskan, kegiatan pelatihan wirausaha pemula itu dilakukan dengan cara yang lebih baru, yakni dengan cara registrasi peserta lewat via aplikasi whatsapp.

"Kita ingin whatsapp ini akan menjadi group diskusi bagi para peserta pasca pelatihan sebagai wadah untuk sharing pengalaman dan pengetahuan serta solusi diantara sesama peserta pelatihan," jelasnya.

Dalam kegiatan pelatihan itu, pihaknya juga melakukan kemitraan bersama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) untuk memberikan solusi ketika para narasumber menyampaikan motivasi dan inspirasi dalam berusaha.

"BTN inilah yang akan memberikan solusi dalam hal akses permodalan dan hal-hal lain terkait dengan kebutuhan para peserta maupun wirausaha pemula tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Pemkab Bone Bolango Harapkan Partisipasi Warga Raih Adipura
Baca juga: Bone Bolango Programkan Layanan Aduan Masyarakat Terintegrasi

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018