Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim mengatakan, ujian nasional selain untuk mengendalikan mutu pendidikan, juga sebagai tolok ukur keberhasilan pengembangan sumber daya manusia baik nasional maupun di daerah.

"UN juga untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu," kata wagub, Selasa.

Idris menuturkan, pengembangan sumber daya manusia bukanlah suatu pekerjaan mudah, karena dibutuhkan beberapa variabel, diantaranya standar pendidikan, sarana prasarana pendidikan, kualitas pendidik, dan variabel lainnya.

Oleh karena itu, untuk pengembangan sumber daya manusia Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menetapkan salah satu program unggulan yakni Program Pendidikan Gratis untuk Rakyat (Prodira).

"Diharapkan dengan program Prodira ini, Gorontalo bisa menghasilkan sumber daya manusia yang handal, dan salah satunya ditentukan melalui ujian nasional tahun ini," katanya.

Idris mengungkapkan, perkembangan dunia yang ditunjukkan semakin terbukanya hubungan antar negara, secara tidak langsung juga menuntut kesiapan generasi muda khususnya para pelajar untuk mampu bersaing dengan pelajar dari negara lain.

Menurutnya hasil UN kali ini juga akan memberi gambaran seberapa jauh pengaruh program yang diterapkan pemprov selama ini.

"Saya berharap semua pihak memiliki niat baik memperbaiki kualitas pendidikan di Gorontalo, termasuk guru dan orang tua siswa," tambahnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014