Gorontalo, (Antara News) - Harga bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengalami kenaikan menjelang bulan puasa Ramadhan 1439 Hijriah.

Husain, salah satu pedagang di pasar tradisional Kwandang, mengatakan, harga bawang merah dan bawang putih, sama-sama naik dari Rp40.000/kilo gram menjadi Rp50.000/kilo gram.

"Kenaikan harga bawang akibat permintaan meningkat tidak dibarengi dengan peningkatan pasokan," ujarnya.

Ia mengaku, pasokan bawang merah dan bawang putih di seluruh pasar tradisional di daerah itu, berasal dari wilayah Enrekang dan Bima, Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain harga bawang merah dan bawang putih, harga bawang daun juga naik dari Rp25.000/kilo gram menjadi Rp30.000/kilo gram.

Namun kata Husain, kebanyakan pembeli di daerah itu, membeli bawang daun dengan takaran eceran atau Rp5.000-Rp6.000/ikat isi 3 batang.

Dewi Nento, warga setempat berharap, harga komoditas bawang khususnya bawang merah dan bawang putih akan segera normal pada bulan puasa Ramadhan.

Tidak hanya itu kata Dewi, harapan itu dapat berlaku untuk seluruh komoditas pangan agar tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Termasuk harga cabai yang saat ini berada di kisaran Rp40.000 per kilo gram, tomat Rp10.000 per kilo gram dan beras di kisaran Rp9.000-Rp11.000 per kilo gram.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018