Manado, (Antara News) - Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Madsuni mengatakan penyerahan jabatan dan serah terima jabatan (Sertijab) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan tugas dan dinamika organisasi TNI AD, khususnya di lingkungan Kodam XIII Merdeka,
 
"Ini dimaksudkan untuk memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan Kodam XIII  Merdeka", kata Madsuni saat memimpin upacara peyerahan jabagan Irdam, LO AL dan Sertijab Dandenintel serta tradisi Korps Perwira Kodam XIII, di Manado.

Ia mengatakan mengisi kekosongan jabatan Irdam karena pejabat lama telah pindah satuan, sekaligus untuk membangun suasana yang baru dan semangat penyegaran serta kreativitas pemikiran guna menjaga keefektifan pelaksanaan tugas serta regenerasi pejabat teras Kodam.

Sementara Tradisi Korps Perwira Kodam XIII Merdeka pada hakikatnya merupakan wujud ketulusan hati kita untuk menerima dan melepas pejabat di lingkungan Kodam.

Tradisi Korps ini juga ditujukan untuk menanamkan rasa cinta dan bangga sebagai Prajurit Kodam XIII Merdeka yang disimbolkan dengan mencium Pataka "Jaya Sakti".

Dimana sesanti "Jaya Sakti" mengandung arti bahwa setiap Prajurit Kodam XIII Merdeka memiliki sifat kesatria, prajurit yang lahir dari rakyat dan digembleng untuk selalu bertindak adil, bijaksana, melindungi rakyat dan keselamatan NKRI, senantiasa berpegang teguh pada jiwa Sapta Marga.

Dia memeberikan selamat kepada para pejabat baru, Kolonel Inf Setio Budi Raharjo sebagai Irdam XIII/Merdeka, memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan bidang umum dan perbendaharaan guna tertibnya administrasi satuan jajaran Kodam.    
     
Selain itu, Irdam juga bertugas memberikan bahan untuk menyusun rencana dan program serta memberikan saran atau pertimbangan kepada Pangdam/Kasdam  tentang pendayagunaan sumber daya yang ada.

Sementara itu Letkol Laut (PM) Gokdin Gultom sebagai Perwira LO TNI AL di Kodam, mempunyai tugas dan tanggung jawab mengkomunikasikan dan menyelenggarakan serta mengkoordinasikan kegiatan Kodam XIIl Merdeka dengan Komandan Satuan jajaran TNI AL yang ada di wilayah kerja Kodam XIIl Merdeka.

Dalam rangka pembinaan potensi Bidang Kemaritiman guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta membantu Kodam  dalam perencanaan, pengendalian dan penga-wasan terhadap pelaksanaan operasi dan kegiatan aspek pertahanan di wilayah kerja Kodam XIIl Merdeka.

Letkol Donny Ardiwidha sebagai Dandeninteldam XIII/Merdeka, memiliki tugas melaksanakan kegiatan dan operasi intelijen dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam.

Kekhususan kegiatan intelijen ini menuntut kemampuan spesifik sebagai mata dan telinganya Komando dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

Dengan demikian, Dandenintel harus mampu mampu memacu kinerja satuannya agar fungsi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan serta kemampuan deteksi dini dan cegah dini dalam menghadapi tugas ke depan dapat semakin optimal.

Pewarta: Jorie M R Darondo

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018