Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, memprogramkan pembangunan jalan rabat beton akses pertanian dan perkebunan padat karya.

Kepala DPMPTSPTK Jumaidil, Kamis mengatakan, jalan itu dibangun melalui program peningkatan kesempatan kerja untuk kegiatan padat karya infrastruktur pedesaan di Desa Inomata, Kecamatan Bone Raya pada tahun 2018.

"Pembangunan jalan rabat beton kegiatan padat karya infrastruktur pedesaan ini didanai lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 sebesar Rp109.545.000 yang melekat di DPMPTSPTK Bone Bolango," ungkapnya.

Pembangunan jalan rabat beton tersebut sepanjang 170 meter dengan lebar tiga meter dan tinggi 12 cm.

Ia mengungkapkan program padat karya itu tujuannya untuk meningkatkan akses jalan rabat beton di desa setempat dalam rangka pembangunan infrastruktur baik jalan desa maupun jalan yang menghubungkan perkebunan maupun pertanian masyarakat.

"Program padat karya ini sangat bermanfaat, terutama untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dan meningkatnya perluasan kesempatan kerja, karena pekerjaan proyek tersebut langsung melibatkan masyarakat atau menyerap tenaga kerja dari warga setempat," ucap dia.

Selain itu, terserapnya tenaga kerja penganggur dan setengah penganggur, serta tersedianya fasilitas sarana dan prasarana akses lahan pertanian dan perkebunan.

Yang terpenting menurut Jumaidil adalah adanya program ini bisa menciptakan lapangan kerja dan menambah pendapatan bagi masyarakat. Begitu juga proses pekerjaannya yang cepat dan lebih menghemat anggaran.

"Dengan mempekerjakan warga setempat, maka diharapkan kualitas pekerjaan daripada jalan rabat beton ini menjadi lebih bagus dan lebih cepat selesai," kata dia, lagi.

Dia menyebutkan dalam pekerjaan program padat karya itu, menyerap tenaga kerja perharinya sebanyak 66 orang. Dengan Uang Perangsang Kerja (UPK) perhari, untuk Ketua Kelompok Rp65.000, tukang Rp75.000, dan pekerja Rp60.000.

"Waktu kegiatan pekerjaan program padat karya infrastruktur ini selama 10 hari kerja dari tanggal 2-11 Mei 2018, dengan waktu kerja setiap harinya hanya lima jam dari pukul 07.00 sampai dengan 12.00 Wita," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018