Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meresmikan Liga Pelajar Indonesia (LPI) tingkat Provinsi Gorontalo di Stadion Nani Wartabone, Minggu.

Liga sepakbola antara pelajar tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi ini diikuti oleh perwakilan enam kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo.

Wagub I menyambut baik gelaran tahunan tersebut. Menurutnya LPI menjadi momentum untuk mencari bibit atlet sepakbola handal di Provinsi Gorontalo. Sebagai olahraga terpopuler dan digemari rakyat, sepakbola Gorontalo dinilainya belum cukup baik bila dibandingkan dengan daerah lain.

"Penyebabnya adalah kompetisi kita yang masih minim. Kompetisi minim bisa disebabkan karena sarana dan prasarana kita yang kurang, pembinaan dan pendanaannya," katanya di Gorontalo.

Oleh karena itu, Wagub berharap kepada dinas terkait, pengurus dan pemerhati sepakbola senantiasa menggulirkan turnamen sepakbola yang kompetitif dari tingkat kecamatan dan tingkat usia umur.

Pembinaan dan kompetisi yang berkesinambungan diyakini akan melahirkan pemain pemain yang handal kedepan.

"Nantinya kita bisa melihat bibit bibit potensial yang bisa memperkuat Persigo maupun Persidago di masa yang akan datang," imbuhnya.

Pembukaan LPI tahun 2014 ditandai dengan penyerahan piala bergilir oleh Wakil Gubernur kepada pihak panitia. Kejuaraan yang memperebutkan total hadiah senilai 54 juta rupiah ini akan berlangsung dari tanggal 20 hingga 26 April 2014.

Pada LPI 2013 dijuarai oleh Kota Gorontalo di tingkatan SMU dan Gorontalo Utara pada level SMP. UNG menjadi yg terbaik pada level perguruan tinggi.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014