Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Djafar Ismail, mengharapkan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat merespon permintaan bantuan pertanian dari warga.

"Masyarakat minta bantuan pertanian, perikanan, peternakan maupun bantuan apa saja, harus cepat-cepat direspon, sebab dipastikan mereka akan memanfaatkannya untuk menaikkan pendapatan dan kesejahteraannya," ujar Djafar Ismail, politisi PDIP yang juga menjabat wakil ketua DPRD Gorontalo Utara, di Gorontalo, Rabu.

Ia meyakini, bantuan bagi masyarakat akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah, sebab target produksi yang diharapkan bisa tercapai.

Seperti yang dijumpainya di Dusun Timbuale, Desa Bualemo, Kecamatan Kwandang.

"Masyarakat rata-rata berprofesi sebagai petani. Mereka meminta agar pemerintah daerah memprioritaskan penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian yang sangat diperlukan," ujarnya.

Selama ini, masyarakat di dusun yang berada di wilayah sentra produksi pertanian itu, sudah mendapatkan bantuan pertanian, namun mereka mengeluhkan minimnya bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan).

DPRD meminta pemerintah daerah secepatnya menyahuti aspirasi itu.

Sebab kebutuhan alsintan menjadi prioritas untuk mendukung aktivitas petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

"Bagaimana produksi pertanian akan naik signifikan, jika petani tidak didukung dengan sarana dan prasarana atau alat penunjang pengolahan yang modern atau berteknologi tinggi," ujar Djafar.

Beberapa alsintan yang diharapkan petani di wilayah itu, diantaranya mesin perontok jagung.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018