Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Pertanian dan Peternakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provisi Gorontalo, memastikan daging sapi dan ayam di pasar tradisional layak dikonsumsi setelah dilakukan pemeriksaan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Bone Bolango Roswaty Agus di Bone Bolango, Jumat, mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa daging sapi dan ayam yang dijual di pasaran layak dan aman untuk dikonsumsi, juga dalam rangka menjaga dan menjamin kualitas daging yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

Roswaty mengungkapkan, DPP melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet), bersama dokter hewan secara intens melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memeriksa hasil produk pangan dari ternak, baik daging sapi maupun daging ayam yang diperjualbelikan di pasaran.

"Alhamdulillah dari hasil pemantauan dan pemeriksaan secara fisiologi, semua daging yang diperjualbelikan di Pasar Talumopatu, Kecamatan Tapa, itu dalam kondisi segar dan aman untuk dikonsumsi," katanya.

Ia menambahkan DPP Bone Bolango juga akan terus meningkatkan pengawasan terhadap produk pangan asal hewan ini sampai Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Alwin Karim menambahkan, terkait dengan harga daging sapi dan ayam di pasaran hingga saat ini masih dalam kondisi normal.

Dia mengaku, sudah tiga hari ini DPP melakukan pemeriksaan sekaligus pemantauan harga di pasaran, mulai dari Pasar Selasa Oluhuta Utara Kecamatan Kabila, Pasar Bube Baru Kecamatan Suwawa, dan Pasar Talumopatu Kecamatan Tapa.

"Rata-rata harga daging masih dalam kondisi normal, berkisar dari harga Rp110-120 ribu per kilogram untuk daging sapi, dan untuk harga daging ayam berkisar Rp25-26 ribu per kilogram," jelas Alwin Karim.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018