Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengajak masyarakat desa untuk peduli wisata, serta memahami cara dan metode mengelola masing-masing potensi kepariwisataan.

Ajakan itu dilakukan pemkab dengan program Aksi Desa Peduli Wisata (Ki Sapta), kata Kepala Bidang pariwisata Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Romi Isa mengatakan

Untuk menginformasikan ke masyarakat terkait program Ki Sapta maka agenda yang ditempuh adalah tahap sosialisasi yang dimulai dari Kecamatan Telaga Desa Dulamayo Selatan.

"Aksi ini merupakan upaya yang dilakukan oleh warga masyarakat setempat untuk mewujudkan kemandirian desa melalui kapasitas institusi pemerintah desa dan emansipasi warga yang dimiliki," jelasnya.

Hal itu dilakukan agar masyarakat mampu mendayagunakan kemampuan, prakarsa, inisiatif dan gerakan desa secara kolektif atau bekerjasama dalam mengembangkan dan mengelola sumber-sumber potensi yang dimiliki serta dapat menciptakan lingkungan suasana kondusif yang baik dan mandiri.

"Melalui berbagai organisasi mitra kepariwisataan, aksi ini dalam konteks pengembangan destinasi pariwisata telah berperan sebagai salah satu unsur penggerak dan turut mendukung terciptanya lingkungan dan suasana kondusif," kata dia, lagi.

Ia berharap aksi itu mampu mewujudkan kemandirian desa melalui pengmbangan potensi pariwisata menuju Kabupaten Gorontalo Gemilang.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018