Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, terus menggenjot pembangunan berbasis kependudukan melalui berbagai program dan lintas sektor.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Rabu, mengatakan bidang kependudukan menjadi perhatian dan tertuang dalam visi misi daerah.

"Pembanguan berbasis kependudukan yaitu kebijakan yang diambil harus melalui orientasi data kependudukan, dan itu kita kerja sama dengan Dinas Kependudukan, termasuk PKK juga dari kecamatan dan desa," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pihaknya menyiapkan kelembagaan sendiri yaitu Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.

"Sebelumnya dinas itu bergabung dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, tapi saat ini sudah menjadi dinas sendiri dan lebih fokus dalam pengendalian penduduk," kata dia, lagi.

Nelson mengaku dalam satu tahun terakhir, pihaknya membuat rumah dataku di setiap desa yang menjadi sumber data dalam erancang pembangunan daerah.

"Sebagai ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Gorontalo saya terus mendorong berbagai kebijakan berdasarkan data kependudukan, bukan hanya di Kabupaten Gorontalo tapi di seluruh wilayah Gorontalo," kata dia, lagi.

Terkait lomba tingkat nasional "Orang Tua Hebat" yang diikuti oleh daerah tersebut, Nelson berharap Kabupaten Gorontalo dapat meraih gelar juara.

"Dengan berbagai persiapan dan kerja keras, saya berharap bisa meraih juara 1 dan para pemenang dapat berbagai ilmu bagaimana menjadi dan menciptakan orang tua yang hebat di daerah ini," pungkasnya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018