Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyatakan pihaknya optimistis pelaksanaan penginputan hasil penghitungan suara melalui aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) pada hari-H pemungutan suara, 27 Juni 2018, akan terealisasi sesuai dengan target.

"KPU tidak sekadar ingin mencapai target penginputan hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS)," kata Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Utara Muardi Unusa di Gorontalo, Minggu.

Namun, lanjut dia, target hasil melalui aplikasi Situng diharapkan bisa diakses dengan mudah oleh publik secara cepat, atau sebelum hasil penetapan perolehan suara di KPU, bahkan sebelum rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Sebelumnya, kata Muardi Unusa, KPU Kabupaten Gorontalo Utara pernah menyandang prestasi tercepat dalam pemindaian Formulir C1.

Maka, target pada pilkada tahun ini agar pengumpulan data dari seluruh TPS dengan menginput langsung ke aplikasi Situng diharapkan terealisasi dan selesai sebelum pukul 18.00 Wita usai pemungutan suara.

Proses itu menjadi tantangan yang tidak ringan bagi pihaknya, mengingat kondisi geografis di kabupaten itu tergolong cukup rumit.

Ditambah lagi, kualitas jaringan internet yang relatif belum menjangkau seluruh wilayah.

Tantangan-tantangan itu, kata dia, akan dihadapi melalui konsolidasi dengan seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS).

Konsolidasi itu difokuskan pada efektivitas kecepatan dalam penjemputan Formulir C1 oleh PPK melalui PPS dari hasil yang telah dikerjakan oleh KPPS, kemudian diantar langsung ke KPU Kabupaten.

Muardi mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan provider seluler, khususnya pihak Telkomsel, untuk mendukung pencapaian target di area-area tertentu melalui peningkatan kualitas jaringan. Hal ini agar pemindaian ke dalam aplikasi Situng bisa berjalan cepat dan lancar.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018