Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Polda Gorontalo siap mengamankan perayaan Idul Fitri 1439 hijriah, dengan melakukan berbagai persiapan seperti patroli, penjagaan perbatasan hingga pos pengamanan.

Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Rachmad Fudail, Rabu, mengatakan untuk menjamin keamanan masyarakat di seluruh wilayah, pihaknya telah menurunkan 975 personil.

"Untuk daerah perbatasan juga kita menempatkan 100 pasukan yang terdiri dari Brimob, Sabhara, Reskrim dan Intelkam," ujar Kapolda yang pada sehari sebelumnya melakukan supervisi pengamanan di perbatasan Gorontalo di Desa Taludaa.

Ia mengaku selain personel Polda, pihaknya bersinergi dengan instansi lain seperti TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Basarnas dalam melakukan pengamanan lebaran.

"Selain itu kegiatan yang sudah menjadi tradisi masyarakat mulai pasar senggol, Tumbilotohe hingga nanti lebaran ketupat pada H+7 nanti, semuanya sudah kita buatkan rencana pengamanan secara matang dengan melandasi evaluasi kegiatan tahun sebelumnya, dan mudah-mudahan semuanya bisa lancar tanpa hambatan," harapnya.

Kapolda pun berpesan kepada masyarakat yang akan mudik ataupun beraktivitas diluar rumah, agar jangan lupa memastikan rumah dalam keadaan aman, selain nanti kepolisian juga memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan patroli di perumahan-perumahan yang sekiranya kosong ditinggal mudik.

"Pastikan rumah anda terkunci, jangan ada kompor yang masih menyala, periksa keran air dan peralatan listrik lainnya," ujarnya.

Masyarakat juga diminta untuk berkomunikasi dengan Bhabinkamtibmas setempat ataupun tetangga jika akan pulang mudik.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018