Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Sejumlah wisatawan domestik yang melakukan kunjungan ke sejumlah objek wisata di Provinsi Gorontalo, mengaku turut menjaga kelestarian lingkungan di wilayah itu.

"Kami optimistis turut menjaga lingkungan di tempat wisata. Kami sengaja berkunjung ke beberapa pantai tidak membawa sampah plastik dan botol," kata Frengky, warga asal Sulawesi Utara ketika berlibur lebaran di Gorontalo, Minggu.

Dirinya mengaku telah mengunjungi pantai Olele di kabupaten Bone Bolango dan pantai Kurenai di Kota Gorontalo, ternyata memiliki keindahan alam yang menarik.

"Kami sempat menyelam sejenak, keindahan biota laut masih terjaga," ujar pria yang berprofesi karyawan swasta ini.

Frengky bersama rombongan dari Manado ini memang sudah merencanakan jauh-jauh soal turut menjaga kebersihan lingkungan, karena indahnya suatu lokasi wisata jika suasana sekitarnya bersih.

Senada disampaikan Dolfi, yang menyayangkan masih adanya objek wisata yang sering kotor dan tidak terpelihara, sehingga dirinya berinisiatif untuk tidak membawa makanan dari luar.

"Kami hanya mencari tempat jualan atau makanan di lokasi objek wisata, karena sampahnya pasti tertangani dengan baik," ujar pria yang mengunjungi objek wisata di Bone Bolango.

Sebelumnya, Bupati Bone Bolango Hamim Pou menginginkan pengunjung di beberapa objek wisata di daerah itu, untuk menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kebersihan.

"Di Bone Bolango banyak objek wisata yang cukup memikat wisatawan mancanegara dan domestik, namun pentingnya menjaga kebersihan," ujar Bupati.

Pihaknya telah melatih beberapa warga di sekitar objek wisata untuk "sadar wisata" dengan menunjukkan sikap empati, membersihkan lokasi wisata dan membimbing pengunjung untuk memanfaatkan tempat-tempat sampah.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018