Jakarta (Antaranews Gorontalo) - Tim tuan rumah Rusia berhasil mengalahkan Mesir dengan skor menyakinkan 3-1. Sebelumnya Tim Beruang Merah juga berhasil menaklukan Arab Saudi dengan skor 5-0. Rusia diambang lolos ke babak berikutnya, namun Mesir juga masih punya peluang walau sangat berat.

Hasil ini membuat Rusia berhasil mengumpulkan nilai 6 dan memimpin klasemen sementara Grup A dan menjadi tim dengan peluang terbesar untuk lolos ke babak selanjutnya, babak 16 besar yang menerapkan sistem gugur. Dua tim teratas grup akan lolos ke babak 16 besar.

Saat ini di Grup A, Uruguay berada di urutan kedua dengan nilai 3 berkat kemenangan 1-0 atas Mesir. Sementara itu Mesir dan Arab Saudi berada di urutan ketiga dan keempat, dengan nilai 0.

Kepastian apakah Rusia akan lolos ke babak selanjutnya atau masih harus ditentukan pertandingan lain, akan dilihat dari hasil pertandingan antara Uruguay melawan Arab Saudi nanti malam pukul 22.00 WIB.

Jika Uruguay minimal bermain imbang dengan Mesir, maka Rusia dapat dipastikan lolos ke babak selanjutnya dengan minimal berada di urutan kedua klasemen. Jika Uruguay vs Arab Saudi imbang maka Uruguay maksimal akan memperoleh nilai 7, sementara Arab Saudi maksimal 4 dan Mesir 3, sehingga nilai Rusia tidak terkejar oleh Mesir dan Arab Saudi.

Sementara bagi Uruguay, wajib menang untuk dapat lolos ke babak selanjutnya, karena dengan nilai 6 maka tidak mungkin terkejar oleh Mesir atau Arab Saudi. Penentuan juara grup apakah Rusia atau Uruguay ditentukan pada pertandingan keduanya pada 25 Juni.

Jika Uruguay-Arab Saudi seri maka Uruguay masih bisa terkejar oleh Arab Saudi, dengan catatan pada pertandingan terakhir Uruguay kalah dari Rusia dan Arab Saudi menang dari Mesir. Jika ini terjadi, Uruguay dan Arab Saudi memperoleh nilai 4, sehingga penentuan runner up akan ditentukan oleh selisih gol.

Peluang Mesir

Nah Rusia pun bisa tidak lolos ke babak selanjutnya. Skenario ini bisa terjadi jika Uruguay kalah melawan Arab Saudi, sehingga keduanya mempunyai nilai 3.

Rusia tidak lolos jika pada pertandingan selanjutnya kalah melawan Uruguay dan Arab Saudi menang melawan Mesir. Skenario ini membuat Rusia, Uruguay dan Arab Saudi memiliki sama memiliki nilai 6, dan penentuan juara dan runner up grup ditentukan oleh selisih gol. Namun melihat Rusia yang kini memilki selisih gol 7 maka peluangnya cukup besar.

Sementara bagi Mesir, walaupun tipis, peluang untuk lolos ke babak selanjutnya masih ada. Hal ini bisa terjadi jika Arab Saudi berhasil menaklukan Uruguay, sehingga nilai Uruguay dan Arab Saudi adalah 3.

Mesir bisa lolos jika pada pertandingan terakhir bisa mengalahkan Uruguay, dan Arab Saudi dikalahkan Rusia. Jika ini terjadi maka Rusia memperoleh nilai sempurna 9, sementara Mesir, Uruguay dan Arab Saudi mempunyai nilai 3. Sehingga urutan kedua akan ditentukan oleh selisih gol, dan Mesir dapat lolos jika memiliki selisih gol lebih baik dibanding Uruguay dan Arab Saudi.

Jadwal Pertandingan Grup A
Uruguay - Arab Saudi, Rabu, 20 Juni, 22.00 WIB
Arab Saudi - Mesir, Senin, 25 Juni, 21.00 WIB
Rusia - Uruguay, Senin, 25 Juni 21.00 WIB

Pewarta: Unggul Tri Ratomo

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018