Manado, (Antara News) - Mesir membeli puluhan ton tepung kelapa asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada pekan ketiga Juni 2018.

"Tepung kelapa yang dibeli Mesir sebanyak 78 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 115.330 dolar Amerika Serikat (AS)," kata Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw.

Jenny mengatakan permintaan tepung kelapa dari Mesir sudah mulai tinggi, dan hampir setiap bulan transaksi selalu terjadi.

"Saya harap petani dan pengekspor dapat memanfaatkan kesempatan tersebut, untuk meraup devisa sebanyak-banyaknya," kata Jenny.

Dia mengatakan tepung kelapa makin diminati pasar Mesir karena memiliki kualitas yang sudah diakui pasar internasional.

Darwin mengatakan, dari sisi volume, ekspor tepung kelapa ke Mesir memang masih sedikit dibandingkan negara pembeli lainnya di kawasan Timur Tengah, namun terbukanya pasar ke negara tersebut menciptakan peluang ke depan.

Tepung kelapa merupakan salah satu komoditas Sulut yang tercatat terbanyak negara pembeli dibandingkan komoditas lainnya.

"Pasar tepung kelapa Sulut merambah bukan hanya di kawasan Eropa, tetapi juga Asia, Amerika, Australia hingga Afrika," katanya.

Mesir adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir juga digolongkan sebagai negara maju di Afrika.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018