Gorontalo, 28/6 (Antara) - Pengusaha nasional yang juga mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (RG), rencananya akan membangun pusat inovasi agrobisnis di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Menurut Bupati Bone Bolango Hamim Pou, pusat inovasi agrobisnis di Kabupaten Bone Bolango itu, di dalamnya ada semacam laboratorium pertanian dan pengelohan hasil pertanian dari warga atau petani.

"Jika tidak ada aral melintang, pusat inovasi itu akan dibangun di Kecamatan Tapa," ujar Hamim melalui rilis disampaikan Humas belum lama ini, .

Menurut Hamim, di beberapa daerah lain di Provinsi Gorontalo sudah ada demplot-demplot khusus sektor pertanian yang dibangun oleh Rachmat Gobel.

Misalnya di Desa Tridarma Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo dan di Kabupaten Pohuwato termasuk juga di Boalemo sekarang sudah mulai dicoba ekspor ke Jepang untuk kakao.

"Ke depan pembangunan demplot-demplot ini diharapkan menjadi contoh keberhasilan mengelolaan hasil pertanian yang baik dan hasilnya 2-3 kali lipat dari pada hasil sebelumnya," jelasnya.

Selain itu, Rachmat Gobel juga menjanjikan akan membantu membangun ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Bone Bolango, membantu warga mendapatkan tempat yang indah untuk berrekreasi dan bisa pusat belajar. (adv*/humas)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018