Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah setempat memperhatikan kualitas aparatur desa.

"Dalam pengelolaan dan pemanfaatan serta realisasi Dana Desa (DD), diperlukan kehati-hatian, makanya dibutuhkan kualitas sumber daya manusia(SDM) di desa yang bisa melaksanakannya dengan baik," kata Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan, anggaran mencapai ratusan hingga miliaran rupiah melalui DD itu wajib dikelola dan dipertanggungjawabkan dengan baik, implementasinya harus tepat dan sesuai aturan yang berlaku.

Maka solusinya adalah, dibutuhkan keberadaaan aparat desa, baik kepala desa hingga perangkat desa yang berkualitas.

Ia berharap, Pemkab Gorontalo Utara bisa memperhatikan kondisi tersebut dalam rangka optimalisasi peningkatan kualitas sumber daya aparatur di desa.

Berbagai regulasi yang mengatur tentang pengelolaan DD diharapkan mampu diterjemahkan dan diimplementasikan dengan baik serta tepat.

"Jika perlu, bimbingan teknis bagi aparat desa terus dioptimalkan," ujar Djafar.?

DPRD pun kata ia, mendukung upaya peningkatan kualitas aparatur desa agar aturan ata pun regulasi pemanfaatan DD dapat tercapai.

"Aparat desa berkualitas, desa maju dan masyarakat sejahtera sebab pelaksanaan pengelolaan DD terealisasi sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku maupun harapan masyarakat," kata Djafar.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018