Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib meresmikan alih status Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di Limboto dari swasta menjadi negeri dengan dengan nama SMK Negeri 2 Pertanian, Jumat.

Pada kesempatan itu di Gorontalo, Jumat, Bupati David mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2014, adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan agar mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) andal dan mampu bersaing.

"Termasuk alih status SMK tersebut, yang diharapkan menjadi wadah pencetak generasi muda yang akan memajukan Gorontalo di seluruh sektor pembangunan," katanya.

Pemerintah daerah pun, katanya, berupaya serius meningkatkan mutu pendidikan, termasuk mendorong para insan pendidikan untuk berkomitmen tinggi memajukan pendidikan secara global di seluruh tingkatan.

"Serta memberikan akses pendidikan yang luas bagi masyarakat, sehingga tidak ada anak yang tidak sekolah, tidak ada anak yang putus sekolah serta tidak ada rakyat yang buta huruf," katanya.

Ia menjelaskan hal terpenting dilakukan pemerintah daerah saat ini, yaitu membuka akses layanan pendidikan yang siap sedia dan terjangkau.

Seluruh program pendidikan yang berjalan di daerah itu, katanya, harus mampu menjangkau kebutuhan masyarakat.

Langkah itu, katanya, di antaranya melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pendidikan dasar dan menengah, bantuan siswa miskin, bidik misi, pengiriman guru untuk daerah terpencil, bantuan operasional untuk perguruan tinggi negeri dan pendirian PTN baru.

"Termasuk sekolah berasrama untuk meningkatkan akses secara inklusif dan berkeadilan," katanya.

Ia mengatakan kualitas pendidikan pun harus dimaksimalkan, dengan mendorong ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum, dan sarana serta prasarana yang memadai.

Ia mengatakan telah diterapkan beberapa program unggulan di bidang pendidikan, di antaranya pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, penerapan Kurikulum 2013, dan rehabilitasi sekolah rusak.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat kabupaten itu, digelar dalam bentuk upacara di lapangan kantor bupati, dihadiri para pejabat setempat, unsur musyawarah pimpinan daerah, camat, PNS, guru, dan pelajar.

Pada kesempatan itu, Bupati David melakukan pengguntingan pita tanda perubahan nama Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

Selain itu, meninjau peluncuran beroperasinya website milik Dinas Dikbud Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014