Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Gorontalo mengungkapkan rehabilitasi Jembatan Buhu di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo membutuhkan dana Rp1 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo Handoyo, Jumat mengatakan, rehabilitas jembatan tersebut diharapkan segera membuka akses dua desa yang terputus yakni Desa Buhu dan Iloponu.

Menurutnya dana pembangunan jembatan akan dianggarkan pada APBD Perubahan Provinsi Gorontalo tahun 2018.

"Kita akan konsolidasi dengan pihak yang akan membangun, kemudian setelah APBD Perubahan maka jembatan tersebut kami bangun lagi. Kami akan berkoordinasi dengan pihak Kabupaten Gorotalo juga karena ini merupakan kewenangan mereka, tapi karena bencana alam maka pemprov membantu," jelasnya.

Jembatan yang menghubungkan desa Buhu dan Iloponu itu rusak akibat diterjang banjir bandang berkali-kali.

Banjir pertama terjadi 24 Desember 2017 yang menyebabkan pondasi jembatan bergeser, sedangkan banjir susulan 9 Januari 2018 dan merobohkan jembatan tersebut.

Perbaikan jembatan Buhu di sungai Alopohu rencananya akan dikerjakan oleh TNI melalui Korem 133/Nani Wartabone.

Pasalnya perbaikan jembatan yang terletak di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo yang menjadi kewenangan Pemkab Gorontalo belum dibangun kembali hingga kini.

"Ada upaya Pak gubernur bekerjasama dengan TNI dalam hal ini Korem untuk melaksanakan pekerjaan dengan membuat kembali jembatan bailey yang lebih besar dengan bentang 30 Meter," ujarnya.

Ia menambahkan, karena status jembatan tersebut merupakan kewenangan kabupaten, maka pemprov hanya mengambil bagian pada pembangunan jembatan sementara dengan konstruksi baja ringan.

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau jembatan Buhu? dan Jembatan Bongomeme bersama Danrem 133/Nani Wartabone pada Kamis (12/7).

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018