Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan semakin memudahkan kegiatan investasi di daerah itu.

Hal itu diungkap Bupati Indra Yasin di Gorontalo, Minggu, terkait peluang investasi di sektor-sektor unggulan, diantaranya perikanan, pariwisata dan pertanian.

Ia mengatakan pengelolaan sumber daya alam di daerah itu memerlukan modal yang sangat besar yang tidak akan tertutupi jika hanya mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"Kita akan mempermudah investor menanamkan modalnya di daerah ini, sebab dampaknya sangat besar khususnya dalam meningkatkan perekonomian daerah serta diyakini mampu menekan angka kemiskinan," ujarnya.

Bupati pun optimistis investasi akan membuka lapangan pekerjaan yang luas di daerah itu, maka angka pengangguran mampu ditekan dan pendapatan perekonomian masyarakat bisa meningkat.

Untuk memuluskan kegiatan investasi, pemkab pun akan mensyaratkan para investor untuk memanfaatkan sumber daya manusia di daerah itu sebagai pekerja.

"Agar kegiatan investasi benar-benar melibatkan langsung masyarakat," ujarnya.

Ia berharap, tidak ada lagi masyarakatnya yang harus bekerja di luar daerah, sebab lapangan kerja akan semakin bervariatif dan mampu meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga.

Target kegiatan investasi di daerah itu akan difokuskan pada sektor pariwisata, mengandalkan keberadaan 52 pulau yang dimiliki.

Serta peluang investasi di sektor perikanan khususnya pembangunan pelabuhan yang diharapkan bisa mendorong ekspor ikan segar secara langsung dari daerah ini.
 

Pewarta: Febriandi Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018