Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, optimistis keterlibatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan meningkatkan pembangunan desa.

"Maka kinerja BPD sesuai tugas pokok dan fungsinya, harus semakin meningkat dalam rangka menjalankan perannya dalam membangun desa," ujar anggota Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Harto Husain di Gorontalo, Minggu.

Ia mengatakan keberadaan BPD ikut menentukan perjalanan pembangunan di setiap desa.

Sebab BPD merupakan salah satu unsur penyelenggara pemerintahan desa yang berperan penting dalam pengawasan pengelolaan dan pemanfaatan anggaran desa.

Ia berharap, penerapan regulasi yang baru terkait pemilihan BPD, akan melahirkan para anggota BPD yang berkinerja baik.

Khususnya dalam mengutamakan musyawarah mufakat untuk menentukan program di setiap desa, serta pengawasan pemanfaatan dana desa.

"Sebagaimana yang terlaksana antara DPRD dan pemerintah daerah, sinergitas yang sama diharapkan terbangun antara lembaga pemerintahan desa dan BPD serta perangkatnya maupun organisasi yang ada di setiap desa, dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembangunan desa yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Harto.

DPRD pun mengimbau pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kelembagaan organisasi di desa, termasuk kesejahteraan para aparatur desa.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018