Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango akan menambah bantuan hibah untuk areal kampus baru Univesitas Negeri Gorontalo (UNG) menjadi 50 hektare.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Kamis, mengatakan saat ini baru sekitar 32 hektare dan diharapkan dalam dua tahun ke depan sudah terealisasi.

"Kita menggunakan dana APBD untuk hibah tanah ini dan merupakan sumbangsih dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk sektor pendidikan," ujarnya saat menghadiri Hari Bakti Adhiyaksa yang digelar oleh Kejaksaan Tinggi Gorontalo di kampus baru UNG.

Bupati mengaku pada 1 September nanti, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) akan datang pada `soft opening` kampus baru UNG tersebut.

"Kemudian pada 5 Desember nanti, pak Presiden Joko Widodo akan datang untuk melakukan `grand launching`," ungkap Hamim Pou.

Menurutnya, dengan adanya kampus baru UNG tersebut pendidikan di Kabupaten Bone Bolango akan maju, ekonomi rakyat juga akan maju.

"Bisa dibayangkan nantinya akan ada hampir 10.000 mahasiswa serta dosen akan dipindahkan ke sini, jika dihitung apabila satu mahasiswa akan makan telur satu butir saja, maka ada 10.000 butir telur setiap harinya yang harus disediakan oleh rakyat Bone Bolango," jelasnya.

Ditambah lagi usaha indekos, jika ada 5.000 kamar yang disediakan dan setiap kamar dihuni oleh dua orang, maka pendapan warga di daerah itu akan bertambah.

"Kami yakin tahun depan kita sudah bisa memprediksi berapa persen ekonomi bone bolango yang akan tumbuh, ini adalah investasi di sektor pendudukan selain peningkatan sumber daya manusia," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018