Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komandan Kodim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana selaku Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 mengatakan program pembangunan 30 jamban di Desa Pangea, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo akan segera selesai.

Ia mengaku jika saat ini tinggal tujuh unit jamban yang akan dibuat oleh anggota Satuan Tugas TMMD.

"Pengerjaan ini tergolong sangat cepat karena masyarakat Desa Pangea ikut serta membantu dalam pengerjaan 30 jamban ini," ujarnya, Minggu.

Dandim menjelaskan, program 30 jamban yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan TMMD 102 yang bertujuan untuk menciptakan kebersihan lingkungan dan mengajarkan pola hidup sehat kepada masyarakat desa Pangea.

"Program pembuatan 30 jamban di masukkan dalam sasaran program pembangunan TMMD 102 agar masyarakat daerah terpencil juga memiliki rasa keadilan serta kesejahteraan hidup," ucapnya.

Ia menegaskan, jamban seharusnya di miliki oleh setiap rumah atau kepala keluarga, namun keterbatasan ekonomi masyarakat menjadi faktor utama kenapa di daerah itu masih banyak rumah yang tidak memiliki jamban.

Dansatgas mengungkapkan bahwa pekerjaan tersebut tentunya memerlukan kerja keras dan dukungan dari masyarakat setempat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018