Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyerahkan 640 Kartu (lanjut usia) Lansia Bahagia di Bandayo, Rumah Jabatan Bupati.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou,  mengatakan kartu tersebut dalam bentuk buku tabungan dan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kerja sama Bank Tabungan Negara (BTN).

"Peluncuran Kartu Lansia Bahagia dalam rangkaian memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2018 ini, diawali dengan jalan sehat bersama dengan para lansia," ujarnya.

Ia menjelaskan, pemberian Kartu Lansia Bahagia ini merupakan bagian dari perhatian dan kepedulian Pemerintah Daerah demi mewujudkan para lansia bahagia di daerah itu.

"Sekitar 640 orang lansia yang ada di daerah ini menerima Kartu Lansia Bahagia, berupa santunan sebesar Rp750 ribu setiap tahunnya dari Pemkab Bone Bolango," ucapnya.

Bupati mengungkapkan, ada syarat bagi penerima Kartu Lansia Bahagia itu, yakni harus melakukan olahraga ringan setiap minggunya, seperti jalan sehat maupun jalan santai pagi. Disamping itu, tiap bulan harus pergi ke Puskesmas untuk memeriksakan kesehatannya.

Dalam mendukung program tersebut, Bupati Hamim pun memerintahkan kepada para Camat dan Kepala Puskesmas yang ada disetiap kecamatan untuk melakukan kegiatan jalan sehat bersama setiap minggunya dengan para lansia di wilayah kecamatannya masing-masing.

"Demikian juga, Kepala Puskesmas agar selalu siaga dan membuka pelayanan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para lansia tersebut," pungkasnya.

Selain penyerahan Kartu Lansia Bahagia, Pemkab Bone Bolango juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para lansia oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bonebol dan RSUD Toto Kabila.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018