Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gorontalo, Fory Nawai mengungkapkan saat ini seluruh fasilitas dan pelayanan umum di kabupaten itu telah berbasis ramah anak.

"Banyak kategori yang dinilai oleh pihak pusat untuk menjadikan suatu daerah ramah anak di antaranya adalah harus mewujudkan sekolah yang ramah anak, kemudian juga memiliki Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) seperti yang saat ini ada di Kabupaten Gorontalo," katanya.

Selain itu, pihaknya juga membentuk pelatihan khusus untuk para Satuan Tugas (Satgas) di seluruh Kecamatan dengan tujuan agar dapat mejaga stabilitas Kabupaten Gorontalo yang ramah anak.

"Untuk mendukung hal tersebut kami juga melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian karena nanti akan ada namanya kategori polisi ramah anak, jadi para polisi juga harus melakukan pelayanan pada anak-anak secara ramah," ungkapnya.

Adapun fasilitas yang telah disediakan salah satunya trotoar untuk anak-anak menyeberang jalan, bahkan sudah ada juga trotoar untuk ramah disabilitas.

"Di Kabupaten Gorontalo kami juga menyediakan fasilitas lainnya yaitu toilet yang memiliki ruangan terpisah antara toilet pria dan toilet wanita," jelasnya.

Kemudian ada juga perpustakaan ramah anak, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ramah anak.

"Kita juga telah melakukan kerja sama dengan Dinas Perhubungan serta pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) untuk terus mendukung kami yang saat ini masih dalam kategori madya dan agar kedepan akan terus mendapatan dukungan untuk ke utama," tutupnya.
 

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018