Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Gorontalo menampilkan tarian adat tradisional daerah, menyambut kedatangan peserta SMN asal Lampung yang akan mengenal kebudayaan Gorontalo, Sabtu malam.

Kepala Perum Jamkrindo cabang Gorontalo, Etyk Turniyatun menjelaskan peserta SMN asal Gorontalo sebelum diberangkatkan ke Lampung, pada Minggu 12/8, mereka akan menyambut kedatangan SMN asal Lampung.

"Selain menampilkan tarian adat, SMN Gorontalo juga menampilkan paduan suara lagu daerah Gorontalo, untuk diperkenalkan kepada siswa asal Lampung sebagai bentuk pengenalan budaya daerah," kata Etyk.

Ia menambahkan, nantinya keterampilan yang dimiliki siswa peserta SMN asal Gorontalo, akan ditampilkan juga di Provinsi Lampung, sebagai bentuk pengenalan budaya Gorontalo.

Sementara itu Manager Departemen Unit Khusus PK-BL Perum Perumnas Rini Isrofiyah menjelaskan kegiatan pertukaran pelajar SMN 2018 adalah bagian dari program kementerian BUMN lewat program "BUMN Hadir Untuk Negeri" yang terlaksana seluruh provinsi di Indonesia.

"Tahun ini kami mendapat tugas dari Kementerian BUMN sebagai pelaksana kegiatan di Provinsi Gorontalo, di mana Perum Jamkrindo sebagai PIC program dan kami Perumnas sebagai co-PIC seluruh rangkaian BHUN di Gorontalo," kata Rini Isrofiyah.

Rini menjelaskan adapun yang menjadi tujuan dari program, SMN yaitu untuk menanamkan rasa bangga kepada siswa, dimana Indonesia memiliki keberagaman adat, budaya dan bahasa.

"Jadi siswa Gorontalo bisa belajar adat dan budaya yang ada di Lampung, begitu juga sebaliknya, dan ini merupakan wujud nyata BUMN hadir ditengah masyarakat," ungkapnya.

Lewat program ini, para peserta maupun pemangku kepentingan diharapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang BUMN di seluruh Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung pada masyarakat.
 
Tarian Adat Gorontalo pada kegiatan lepas sambut SMN Gorontalo-Lampung.

Baca juga: BUMN Hadir - Peserta Difabel Iringi Lagu Lepas-Sambut SMN Gorontalo-Lampung
Baca juga: SMN Asal Lampung Tiba Di Gorontalo
Baca juga: SMN Gorontalo Dibekali Pengetahuan Jurnalistik-Vlog

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018