Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Lampung, mendapat kesempatan belajar dan bermain alat musik dari bambu di Rumah adat "Banthayo Poboide" Kabupaten Gorontalo, Kamis (15/6).

Dalam kesempatan itu, siswa Lampung menyanyikan lagu daerah Gorontalo "Hulondalo Lipuu" sambil memainkan alat musik bambu.

"Tidak butuh waktu lama untuk mengajar mereka, hingga akhirnya mereka bisa menyanyikan lagu daerah Gorontalo, dan diiringi musik bambu yang mereka mainkan sendiri," kata Rukmini pembina sekaligus pengurus rumah adat "Banthayo Poboide".

Menurutnya, siswa tidak hanya di daerah Gorontalo, namun di daerah lainya, juga harus mengetahui kebudayaan daerah lain, untuk menunjang dan melestarikan kebudayaan nusantara.

Ia menambahkan, aset budaya setiap daerah yang ada diseluruh Indonesia merupakan kekayaan budaya nusantara, yang tetap harus dijaga dan dilestarikan.

"Penting bagi generasi muda, terutama siswa saat ini, untuk mengenal budaya nusantara, hampir sama namun sedikit perbedaan saja," ujarnya.

Ia mengatakan, bersyukur hari ini, siswa asal provinsi Lampung, mendaptkan kesempatan mengenal budaya Gorontalo, dengan harapan mereka mengetahui dan melihat langsung kekayaan budaya nusantara.

Selain bermain alat musik bambu, siswa juga mendapat kesempatan mengenakan pakaian adat tradisional Gorontalo.
SMN asal Provinsi Lampung saat belajar memaikan alat musik bambu di "Banthayo Poboide" Kabupaten Gorontalo

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018