Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - PT Petrokimia Gresik bersama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) cabang Gorontalo, melakukan panen bersama di demplot tomat Desa Moutong, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Staf perwakilan PT Petrokimia Gresik di Gorontalo, Ruswandono mengatakan hingga panen kelima demplot tomat tersebut berjalan dengan lancar dengan hasil yang baik.

"Kita berharap hal ini bisa menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat di Kecamatan Tilongkabila dan Bone Bolango pada umumnya," ujarnya.

Ia berharap kerja sama tersebut dapat dilanjutkan dengan skala yang besar, agar masyarakat lebih peduli dengan penggunaan pupuk organik seperti demplot tomat yang menggunakan produk Petroganik.

"Nanti dari Dinas terkait diharapkan dapat menyemarakkan penggunaan Petroganik dan juga untuk meningkatkan produksi tomat," ucapnya.

Ia mengaku untuk hasil tomat di demplot tersebut, dalam satu bedeng yang biasanya hanya bisa menghasilkan tujuh kilogram, setelah menggunakan Phonska Plus dan Petroganik meningkat menjadi 12 kilogram pada panen pertama.

"Pada panen kedua hingga panen keempat meningkat terus hingga 80 persen," kata dia, lagi.

Sementara itu, General Manager PT PPI Cabang Gorontalo, Hemly Jambo mengatakan pihaknya sebagai distributor produk Petrokimia Gresik di Bone Bolango.

"Kita bekerjasama untuk memberikan pemahaman kepada petani untuk pengetahuan tentang pemupukan yang seimbang, karena saat ini petani cenderung masih menggunakan cara lama," jelasnya.

Ia menjelaskan, penggunaan pupuk organik sangat penting terutama untuk bahan dasar dalam penanaman holtikultura dan padi.

"Kita juga mengedukasi petani agar memahami pupuk, cara pengolahan hingga hasil yang akan diperoleh, karena dengan penggunaan pupuk yang berimbang maka hasil dan pendapatan meningkat," kata dia, lagi.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018