Gorontalo, (Antara News) - Ratusan warga bersama pemerintah dan TNI/Polri, mengikuti kegiatan "Pandu Laut Nusantara" dengan membersihkan sampah dari pantai maupun dalam laut di Tamboo, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Sutrisno mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk menjaga laut agar ekosistemnya terjaga dan tidak tercemar.

"Kita juga ingin laut kita terus lestari dan berkelanjutan karena jika semua tercapai maka nelayan kita akan berseri," ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan Pandu Laut Nusantara diinisianisi oleh berbagai komunitas pecinta laut dan didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan, Stasiun Karantina Ikan, Dinas Lingkungan Hidup, TNI, Polri, Basarnas dan Dinas Pariwisata serta BUMN dan BUMD.

"Pengusaha ikan juga turut andil dalam iven ini, dan selain bersih laut dan pantai ada sedekah ikan dari para pengusaha untuk masyarakat pesisir, lalu sedekah dari Baznas dan bantuan sarana kebersihan," jelasnya.

Sutrisno mengaku kegiatan serupa akan terus digelorakan setiap tahunnya dan dilakukan secara berkelanjutan dan dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk tidak sembarangan membuang sampah.

Sementara itu, salah seorang warga yang ikut serta pada kegiatan itu, Rahmatiya mengaku sangat antusias dan senang karena bisa secara bersama-sama membersihkan pantai dari sampah.

"Tidak hanya sampah di pantai saja, tapi di dalam laut juga turut diangkat oleh para penyelam, semoga tidak hanya sebatas hari ini saja, tapi dapat dilakukan secara rutin," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018