Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo memiliki Gemilang "Command Center" atau ruang kendali Limboto yang kini telah beroperasi di Kelurahan Kayubulan.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Senin, mengatakan ruang kendali tersebut langkah terobosan yang integrasi aplikasi organisasi perangkat daerah Kabupaten Gorontalo.

Fasilitas tersebut menjadi rubrik Informasi kegiatan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam rangka meningkatkan pelayanan juga sebagai fasilitas dalam menyaring berbagai informasi laporan atau keluhan masyarakat Kabupaten Gorontalo.

"Ini merupakan langkah maju bagi Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo dalam menyesuaikan perkembangan dalam sistim pemerintahan berbasis elektronik saat ini," ujarnya.

Menurutnya, dengan hadirnya ruang kendali itu akan lebih menggairahkan Organisasi Perangkat Dareah (OPD) untuk terus berinovasi membuat terobosan, minimal bisa sejajar dengan Kabupaten/Kota yang sudah maju dalam pelayanan publik.

"Ada fasilitas kamera pengawas, aplikasi-aplikasi OPD semua aktivitas lalu lintas dan OPD bisa dipantau, untuk kedepan boleh dikembangkan lagi dengan fasilitas call center kerjasama dengan pihak yang berwajib," ungkapnya.

Dari aplikasi 15 tersedia, Bupati Nelson lebih tertarik pada aplikasi "Lapor" dimana menurutnya pengaduan atau laporan masyarakat harus ada tindaklanjutnya dan aplikasi ini menguraikan proses pengaduan setelah selesai ditindaklanjuti oleh OPD terkait atau masih dalam tahap proses.

"Aplikasi ini perlu di sosialisasikan hinggga ke tingkat dusun, karena ini jalur resmi pengaduan maka harus dimaksimalkan, sehingga kami mengharapkan seluruh pimpinan OPD, camat dan Kepala Desa harus memiliki aplikasi ini, dan melalui kominfo memantau setiap perkembangan, jadi kita maksimalkan lagi meskipun sudah ada edarannya," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Azis Nuhamidin dalam penyampaiannya mengatakan bahwa keberadaan Gemilang Command Center masih jauh dari kesempurnaan, tetapi setidaknya fungsi dasarnya sudah terpenuhi.

Seperti fasilitas kamera pengawas yang berjumlah 21 yang tersebar di sepanjang jalan dan pusat pemerintahan kabupaten kerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo, menu seluruh aplikasi, serta laman OPD dan Desa se-Kabupaten Gorontalo.

"Dari layanan Dasar sebuah Command Center sudah terpenuhi, dibangun dengan anggaran yang cukup, hasil karya ASN Kominfo Kabupaten Gorontalo tanpa melibatkan pihak lain, sebagaimana pula ungkapan Bupati Nelson dahulukan karya, anggaran mengikuti sehingga cita-cita kami bahwa ruang kendali ini akan menjadi mata, kaki dan telinga pemerintah daerah kedepan," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018