Manado, (Antara News) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengharapkan masyarakat menghilangkan kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai untuk kelestarian dan kesehatan generasi mendatang.

"Mari kita membangun kesadaran menghentikan kebiasaan membuang sampah ke sungai agar generasi penerus tidak menderita," ajak Gubernur Olly di Manado, Senin.

Banyak kerugian yang akan dialami masyarakat jika masih saja membuang sampah ke sungai, apalagi bila yang dibuang tersebut adalah plastik.

"Hal tersebut sangat berbahaya jika sampah termakan oleh ikan dan ketika dikonsumsi oleh manusia terutama oleh ibu yang sedang mengandung, dampaknya sangat membahayakan ibu terutama bayi yang dikandung," ujarnya.

Gubernur Olly mengharapkan kesadaran penuh dari masyarakat Sulut menghentikan kebiasaan buruk tersebut, karena ketika membuang sampah ke sungai akhirnya akan menuju ke laut.
 
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengajak pemerintah kabupaten dan kota terus memberikan pendidikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Apabila lingkungan bersih maka akan tercipta kehidupan sehat, begitupun dengan ekosistem yang ada di laut akan terjaga dengan baik," ujarnya.

Taman Nasional Bunaken, lanjut Gubernur telah menjadi ikon wisata bahari andalan Sulut karena terkenal dengan taman lautnya.

"Sangat disayangkan apabila seputaran perairan Bunaken masih ditemukan sampah, hal ini akan berdampak buruk bagi ekosistem hingga kehidupan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018